Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Sabtu, 23 Januari 2016

Pengertian Sistem Perekonomian Dan Jenis - Jenisnya

Isi Materi yang akan di berikan adalah : Pengertian Sistem Perekonomian Dan Jenis - Jenisnya

  • Sistem Ekonomi Pasar atau Kapitalisme - Liberalisme (pengertian, ciri - ciri, kekurangan dan kelebihan)
  • Sistem Ekonomi Komando (pengertian, ciri -ciri, kelebihan dan kekurangan)
  • Sistem Ekonomi Campuran (pengertian dan ciri - ciri)

Pengertian sistem ekonomi dan jenis - jenisnya.
google image - Pete Konsep Sistem Perekonomian

1. Pengertian Sistem Perekonomian

Sistem perekonomian adalah keseluruhan tatacara yang di gunakan untuk melakukan koordinasi ekonomi dari masing - masing pelaku ekonomi (produsen, konsumen, bank, dan lain sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (investasi,produksi, konsumsi, dan distribusi) sehingga akan menjadikanya satu kesatuan dalam arah tujuan yang sama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pelaku ekonomi banyak macamnya dan mereka memiliki cara yang berbeda untuk meraih keinginanya, dan semua kegiatan ekonomi juga perlu di arahkan menuju tujuan yang jelas sehingga antara pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi akan timbul kesatuan yang dinamis. Oleh karena itu perlu adanya sistem yang mengatur tentang pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi di suatu negara yang akan mengarahkan perekonomian kepada tujuan yang ingin di capai negara tersebut.

Sistem perekonomian di arahkan kepada sebuah tujuan yang tentunya demi kebahagiyaan dan kesejahtraan semua masyarakat. Adapun tujuan dari sistem perekonomian adalah:
1. Kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
2. Pertumbuhan ekonomi nasional
3. Kesetabilan ekonomi tanpa pengangguran
4. Distribusi pendapatan yang merata
5. Pertimbangan yang wajar antara kepentingan umum dan kepentingan perorangan (swasta)

Dengan demikian sistem ekonomi akan membantu mengarahkan perekonomian di suatu negara untuk dapat berjalan menuju kearah yang di inginkan sehingga akan menjadikan ekonomi negara tersebut berjalan lancar dan dinamis.


2. Tiga Sistem Perekonomian 

Sistem ekonomi adalah alat yang berbentuk peraturan di mana ia berhak mengatur, mengelola dan menentukan kebijakan terhadap perekonomian di suatu negara. Dalam hal ini ada tiga macan sistem perekonomian yang ada, yang pertama sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi campuran. 

Dalam penentuan harga dan kebijakan terhadap barang dan jasa yang ada di pasar bisanya kita akan mengikuti harga pasar (swasta), pasar akan memiliki kuasa untuk menentukan harga, kebijakan dan lain lain. namun ada kalanya pemerintah atau negara memiliki kebijakan untuk menetapkan harga dan kebijakan terhadap perekonomian seperti harga BBM, dengan demikian pemerintah memiliki kuasa atas perekonomian yang ada baik dalam penetapan harga maupun kebijakan di dalamnya. 

Sistem ekonomi yang si kendalikan oleh pasar di sebut dengan sistem perekonomian pasar (sistem kapitalisme - liberalisme) dan sistem perekonomian yang di kendalikan oleh pemerintah atau negara di sebut sistem perekonomian komando (sistem sosialisme – komunisme). Lalu karena adanya kekurangan dan kelebihan dari masing – masing sistem perekonomian yang ada maka lahirlah sistem perekonomian yang ketiga, dalam sistem prekonomian ini menggunakan kelebihan dari sistem perekonomian pasar dan sistem prekonomian komando sebagai kekuatanya, dan berusaha menghilangkan kelemahan dari masing – masing sistem perekonomian tersebut, oleh karena itu sistem perekonomian ini si sebut sistem perekonomian campuran.

Baik untuk lebih jelasnya tentang tiga sistem perekonomian tersebut kita akan membahasnya lebih detail satu persatu,

a) Sistem Perekonomian Pasar

Sistem perekonomian pasar pada dasarnya di arahkan oleh hasrat dan kepentingan ekonomi dari masing – masing individu baik itu konsumen atau produsen. Menurut Adam Smith (1723 – 1790) hal yang mengarahkan perekonomian dalam sistem pasar adalah kepentingan dari masing masing individu yang akan menetapkan harga pasar, di mana produsen (pembuat atau penyedia barang dan jasa) akan berupaya menjual barang untuk mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya namun mereka tidak dapat menetapkan harga terlalu mahal, hal tersebut karena konsumen (pembeli) juga akan memilih membeli ketempat lain jika harga yang di tawarkan terlalu tinggi, pembeli juga mementingkan kepentinganya sendiri di mana mereka akan membeli barang semurah mungkin dengan kualitas sebaik mungkin.

Ciri - Ciri Sistem Perekonomian Pasar (Kapitalisme – Liberalisme)
  1. Setiap orang bebas memiliki alat produksi atau modal (tanah, Pabrik, Toko, dan sebagainya).
  2. Adanya kebebasan dalam menentukan pekerjaan sendiri, dimana kegiatan produksi dilaksanakan oleh swasta dengan inisiatif sendiri dan mereka juga harus menanggung resikonya sendiri (bila mengalami kebangkrutan).
  3. Adanya kebebasan untuk pihak swasta dalam menentukan barang apa yang akan di produksi dan berapa jumlah yang akan di produksi, hal tersebut berdasarkan akan tujuan produksi dan tujuan laba yang ingin di capai swasta.
  4. Adanya campur tangan negara di berikan batasan hanya pada hal - hal yang tidak dapat di usahakan oleh pihak swasta, seperti perlindungan terhadap hak - hak warga negara, penegakan terhadap peraturan hukum, dan hal – hal lain yang berisi peraturan untuk memperlancar kegiatan perekonomian.

Jadi sistem perekonomian pasar dapat kita simpulkan sebagai, sistem perekonomian yang memberi kebebasan kepada swasta untuk memilih barang dan jasa apa yang akan di produksi dan memberikan kebebasan pada swasta untuk memiliki alat atau modal produksi sebagai aset pribadi, sedangkan harga tetap mengikuti kebijakan yang di tetapkan di pasar.

Kelemahan Sistem Pasar

Sistem perekonomian pasar akan membuat perekonomian si suatu negara tumbuh  dengan pesat, kebebasan yang di berikan kepada pihak swasta untuk memilih barang dan jasa yang akan di produksi dan menjadikan modal sebagai aset pribadi tentu akan memberi keuntungan kepada beragamnya barang dan jasa yang dapat di tawarkan oleh pihak swasta dalam upaya memenuhi permintaan konsumen. Jika perekonomia tumbuh dengan baik hal tersebut akan membuat perbankan juga dapat tumbuh dengan baik. Kemajuan teknologi, terutama teknologi yang dapat di gunakan untuk mempermudah pemasaran barang dan jasa kepada konsumen membuat sistem ekonomi pasar dapat membuat perekonomian mengalami peningkatan secara pesat.

Namun, tidak semua orang dapat menikmati kemajuan dan kemudahan yang di berikan sistem ekonomi pasar. Mereka orang – orang yang tergolong dalam kategori masyarakat ekonomi lemah, seperti kaum buruh, petani miskin dan kaum miskin di perkotaan akan mengalami dampak yang memperihatinkan dengan adanya sistem ekonomi pasar.  Dengan demikian sistem ekonomi pasar juga memiliki sisi lemah atau kekurangan, yang dapat kita lihat di bawah ini :
  1. Sistem ekonomi pasar akan menimbulkan kesenjangan ekonomi di masyarakat, di mana orang yang memiliki modal dan keterampilan akan memiliki kemampuan dan daya beli dan orang – orang yang tidak memiliki modal dan keterampilan mereka akan menjadi semakin miskin dan tidak dapat berbuat apa – apa.
  2. Dengan penerapan sistem ekonomi pasar memungkinkan adanya upaya penguasaan terhadap pasar oleh para produsen atau yang kita kenal dengan istilah monopoli pasar, hal ini akan berdampak buruk untuk para pengusaha dengan modal yang kecil.
  3. Dengan di berikanya kebebasan kepada swasta untuk memiliki aset modal maka pihak swasta berhak mengelola dan menjalankan pabriknya untuk berproduksi, hal ini terkadang akan menimbulkan masalah – masalah pada lingkungan, seperti polusi udara dan air serta rusaknya ekosistem yang da di sekitar pabrik.
  4. Terjadi ketidak setabilan ekonomi di mana perekonomian akan bergerak naik turun berdasarkan pasar hal tersebut juga dapat berdampak kepada kegiatan pemerintahan.


b) Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang segala sesuatu kebijakan di atur oleh pusat (negara), pihak swasta tidak di berikan kebebasan untuk memiliki sumberdaya dan modal, semua aset merupakan milik pemerintah. Sistem ekonomi komando ini merupakan sistem ekonomi yang berbanding terbalik dengan sistem ekonomi pasar, dan lahir karena kelemahan dan kekurangan sistem ekonomi pasar. 

Karena ketidak setabilan ekonomi yang naik turun dengan mengikuti pasar. Bila turunya perekonomian dengan tempo waktu yang lama maka hal tersebut juga akan berdampak besar terhadap pemerintahan, oleh karena itu lahirlah sistem perekonomian komando. Sistem ekonomi  komando dilandaska pada ajaran Karl Max (1818 – 1883).

Ciri - Ciri Sistem Ekonomi Komando 
  1. Pemerintah merupakan pemilik dan pengelola semua sumberdaya ekonomi ( alat- alat produksi, bank, perusahaan dan tanah) dengan atas nama rakyat.
  2. Semua perusahaan yang ada merupakan milik negara bukan milik swasta, semua perusahaan di jalankan dengan sistem kebersamaan.
  3. Semua kegiatan produksi harus mengikuti perintah pusat (Central Planing), bahkan jenis barang produksi dan jumlah produksi juga harus berdasarkan pada perintah pusat. 
  4. Semua perintah akan di berikan atas dasar rencana ekonomi berjangka seluruh kebijakan harga dan barang di tentukan oleh pemerintah.
  5. Semua warga masyarakat yang ada di negara tersebut termasuk kedalam karyawan, dan wajib untuk ikut serta dalam proses produksi barang dan akan di berikan upah oleh pemerintah berdasarkan kebutuhanya.
Kelemahan Sistem Ekonomi Komando 
  1. Pengelolaan dan kebijakan ekonomi yang ada menjadi hal yang rumit sehingga segala sumberdaya ekonomi tidak dapat di manfaatkan secara efektif dan efisien.
  2. Banyak sumber daya yang terbuang sia – sia karena masyarakat (tenaga kerja) beranggapan semua bukan milik mereka jadi mereka hanya menghasilkan apa yang di perintahkan.
  3. Masyarakat tidak di berikan kesempatan memilih produksi barang, karena semuanya sudah di atur oleh pusat dan pilihan yang di ambil berdasarkan pada kepentingan pusat bukan masyarakat.
  4. Jenis barang yang di produksi menjadi terbatas jenisnya karena pemilihan jenis produksi barang berdasarkan pemerintah pusat bukan inisiatif masyarakat.

Dengan menerapkan sistem ekonomi ini maka dapat menutupi segala kekurangan dari sistem ekonomi pasar namun sistem ekonomi ini juga masih memiliki kekurangan, oleh karena itu lahirlah sistem ekonomi campuran.

c) Sistem Ekonomi Campuran 

Seperti yang saya sudah jelaskan di atas bahwa baik itu sistem ekonomi pasar maupun sistem ekonomi campuran sama - sama memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing, terciptanya sistem ekonomi pasar akan memberi keuntungan dengan kelebihan yang di miliki, serta terciptanya ekonomi Komando yang berusaha menutupi kelemahan sistem ekonomi pasar juga masih memiliki kelemahan di dalam prakteknya, oleh karena itu lahirlah sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi campuran merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan komando, sistem ekonomi campuran ini bertujuan menggabungkan kelebihan dari sistem ekonomi pasar dan komando sehingga keadaan ekonomi menjadi setabil serta perekonomian dapat tumbuh dengan pesat.

kebijakan sistem ekonomi campuran
google image - kebijakan sistem ekonomi campuran

Ciri - Ciri Sistem Ekonomi Campuran ;
  1. Kepemilikan terhadap barang konsumsi di berikan haknya kepada individu, namun hak pemilikan terhadap sarana produksi yang vital (menyangkut kepentingan orang banyak seperti listrik, BBM dan lainya) kepemilikanya diberikan kepada pemerintah.
  2. Penentuan jenis barang yang akan di produksi semuanya di serahkan kepada swasta berdasarkan permintaan dari pasar, namun masih dalam pengawasan pemerintah.
  3. Pemilihan jenis produksi barang dan jasa di dasarkan pada kebutuhan masyarakat sepenuhnya.
  4. Pemerintah melakukan pengawasan terhadap perekonomian dan bertanggung jawab atas perekonomian yang stabil serta pemerataan pendapatan.

Ekonomi campuran ini sekarang hampir di terapkan pada semua negara di dunia, karena kelebihan dan sistem ekonominya yang di pandang sesuai dengan kemajuan jaman. Salh satunya negara yang menerapkan sistem ekonomi campuran ini adalah Indonesia.


Share this article :

2 komentar:

 
Pintar IPS Online © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson Published..Blogger Templates.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP