Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Selasa, 09 Februari 2016

Materi IPS Terpadu Tentang Bentuk Bumi Kelas 7/VII SMP

Materi IPS Terpadu Kelas 7/VII SMP Tentang Bentuk Bumi – Dalam materi kali ini akan di bahas Tentang Materi Bentuk Muka Bumi serta Proses Terbentuknya Muka Bumi Dengan Tenaga Eksogen dan Endogen, materi ini biasa di berikan oleh guru pada semester 1 (ganjil) kelas 7 SMP.

A. Keragaman Bentuk Muka Bumi

Bentuk muka bumi ternyata tidak seperti yang kita pikirkan, bila selama ini kita melihat bentuk muka bumi dari gambar maupun dari globe kita akan melihat bentuk muka bumi itu bulat dengan warna putih biru hijau maupun coklat di dalamnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar bola bumi di bawah.
Bentuk muka bumi yang kita lihat pada gambar di atas merupakan penampakan bumi  yang di ambil dari luar angkasa, hal tersebut membuat bumi terlihat bulat sempurna. Namun bila kita melihatnya lebih dekat maka kita akan melihat hal yang berbeda. Pada dasarnya bumi itu terdiri dari daratan dan lautan. Daratan yang luas di sebut dengan benua dan daratan yang luas wilayahnya kecil di sebut dengan pulau. Sedangkan lautan yang luas di sebut dengan samudra. 

Bila kita melihat bumi dari jarak yang dekat kita akan melihat sesuatu yang berbeda dari yang kita lihat dari gambar di atas. Ternyata permukaan bumi itu tidak rata seperti yang kita lihat pada peta maupun gambar di atas. Namun permukaan bumi itu ternyata ada yang menonjol ke atas dan ada yang cekung kebawah. Permukaan bumi yang menonjol ke atas biasa di sebut dengan gunung, pegunungan, maupun bukit sedangkan permukaan bumi yang cekung kedalam biasa di sebut dengan rawa, danau maupun lain sebagainya. Baik di darat maupun di laut permukaan bumi ternyata sama ada yang menonjol ke atas dan ada yang cekung kebawah, namun sebutan untuk bagian itu berbeda antara yang di dasar laut dengan di permukaan, jika di permukaan bagian yang menonjol ke atas di sebut dengan gunung di bawah laut juga di sebut gunung namun gunung bawah laut sedangkan kalo cekung ke dalam di permukaan di sebut rawa danau dan lain sebagainya jika di dasar laut di sebut dengan palung laut atau patahan atau lain sebagainya. 

Jadi pada dasarnya permukaan bumi itu terdiri dari lautan dan daratan, dan penampakan bumi itu ada yang menonjol keatas dan ada yang cekung kedalam. Lalu kenapa permukaan dan penampakan bumi bisa demikian, mari kita bahas pada materi proses terbentuknya muka bumi.


B. Proses Terbentuknya Muka Bumi

Kenapa permukaan bumi itu tidak rata, ada yang cekung kedalam dan ada yang menonjol keatas ? hal tersebut dapat kita jelaskan dengan singkat yaitu karena adanya tenaga yang kuat di bumi dan tenaga tersebut di sebut dengan tenaga geologi. Tenaga geologi merupakan tenaga yang  dapat 

dikelompokkan kedalam dua macam yaitu, tenaga endogen (dalam bumi) dan tenaga eksogen (luar bumi). Bentuk muka bumi ternyata dipengaruhi oleh tenaga yang besar yang berasal dari dalam bumi  yang kita sebut tenaga endogen dan tenaga yang besar dari luar bumi yang di sebut dengan eksogen. Lalu apa itu tenaga endogen dan eksogen, dan kenapa eksogen dan endogen dapat mempengaruhi muka bumi.  Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya satu persatu.

Proses Alam Endogen

Baiklah kita akan membahas dengan lebih jauh mengenai tenaga endogen. Seperti yang kita telah bahas sebelumnya bahwa tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Kalian pasti pernah mendengar tentang lipatan, patahan gunung berapi dan gempa bumi bukan, itu merupakan salah satu contoh tenaga endogen. Kenapa tenaga endogen dapat mempengaruhi bentuk muka bumi? 

Sumber dari tenaga endogen adalah inti bumi, seperti yang telah ketahui bahwa bumi itu terdiri dari beberapa lapisan dan dari lapisan itu ada yang namanya lapisan inti, di mana pada lapisan init atau Nife berisikan cairan kental dengan suhu dan tekanan tinggi di atas 4.500 °C, dan di atasnya terdapat lapisan sima,  lapisan sima merupakan lapisan kedua setelah lapisan inti dengan suhu antara 2.000 – 4.000 °C, dan di atas lapisan sima ada lapisan yang di sebut dengan mantel bumi, lapisan ini bersuhu kurang dari 2.000 °C dan suhunya terus turun, serta di atasnya mantel bumi ini terdapat lapisan yang dinamakan kerak bumi, kerak bumi  yaitu lapisan yang keras dan menempel pada mantel bumi,  lapisan ini juga biasa di sebut dengan lapisan sial dan di lapisan ini lah kita hidup dan beraktivitas. 
Kita akan membahas tentang kenapa tenaga eksoden dapat mempengaruhi muka bumi. Kita telah mengetahui sumber tenaga dan lapisan dalam bumi, sekarang kita akan melihat bagaimana tenaga endogen dapat mempengaruhi buka bumi. Kalian pernah dengan atau bahkan merasakan tentang gempa. Ia gempa merupakan salah satu contoh dari tenaga endogen. Gempa dapat terjadi akibat adanya pertemuan dari lempeng samudra (kerak bumi yang menjadi dasar samudra) dan lempeng benua (kerak bumi yang menjadi dasar benua) yang akan menimbulkan getaran di permukaan bumi. Tabrakan antara kedua lempeng tersebut salah satunya ada menukik kedalam dan jatuh kedalam lapisan sima, kita telah membahas bahwa lapisan sima berada di bawah lapisan mantel bumi dimana kerak bumi menempel. Lapisan mantel dan kerak bumi yang jatuh kedalam lapisan sima akan menjadi makma yang akan tertekan naik ke atas dan dari peristiwa ini akan terjadi peristiwa yang kita kenal dengan lipatan atau patahan (tektonisme), membentuk gunung berapi (Vulkanisme), dan Gempa bumi (seisme).

Untuk selanjutnya akan di bahas tentang Bentuk Muka Bumi ; Eksogen (Pelapukan, Erosi, Sedimentasi, dan Pergerakan Bumi)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pintar IPS Online © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson Published..Blogger Templates.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP